"PKS | Menjadi Partai Dakwah yang Kokoh dan Transformatif Untuk Melayani Bangsa"

Asean Summit, Aleg PKS memilih bertemu komunitas masyarakat Indonesia dibanding main golf

Saturday, September 28, 2013

BRUNEI - Berbeda dengan Anggota DPR-RI lainnya, Aleg PKS komisi X, DR Surahman Hidayat, MA lebih memilih bertemu dengan komunitas masyarakat Indonesia di Brunei daripada mengikuti program jalan-jalan dan bermain golf yang sudah dikoordinir oleh panitia di sela-sela kunjungannya ke Brunei Darussalam untuk mengikuti persidangan antar parlemen se-ASEAN  pada  ASEAN SUMMIT yang dilaksanakan mulai 18  s/d 23 September 2013 di Bandar Seri Begawan.



Pertemuan dengan Indonesian Community di  Brunei  dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2013 pukul 11.00 s/d 14.00 di Warung Sariwangi, Restoran Sederhana ala Indonesia gadong. Yang dihadiri oleh 3 orang Pengurus Inti  Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei (PERMAI) dan 7 orang Pengurus Inti Persatuan Pelajar  Indonesia di Brunei ( PPI BD) dengan agenda KRITIK dan SARAN dari Masyarakat Indonesia di Brunei untuk Pemerintah Indonesia.

Acara pertemuan dimulai dengan Taaruf antar peserta, kemudian satu persatu peserta dipersilahkan untuk menyampaikan kritikan, masukan  dan sumbangsih pemikiran untuk lembaga pemerintah baik lembaga legislative, eksekutif  begitupun  yudikatif. Setidaknya 3 jam berlalu semua peserta dengan leluasa bisa menyampaikan unek-uneknya yang selama ini tidak pernah ada wakil rakyat yang mau mendengarkan terhadap berbagai keluhan masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di Brunei Darussalam. Diantara poin-poin penting yang di sampaikan oleh para peserta pertemuan antara lain:


1) Optimalisasi hubungan antara KBRI  dengan PERMAI dan PPI yang selama ini sudah berjalan baik melalui kerjasama dalam berbagai kegiatan ataupun support Dana.

2) Memberi Perlindungan kepada TKI serta melakukan upaya diplomasi agar ada peningkatan salary yang lebih layak.

3) Perlu adanya MOU kesepahaman antara Pemerintah RI dan Brunei Darussalam sebagaimana yang telah dilakukan oleh pemerintah philipin demi  melindungi TKI di Brunei.

4) Dubes dan para Diplomat harus lebih merakyat karena mereka sebagai pelayan masyarakat Indonesia yang berada diluar negeri.

5) Peninjauan kembali terhadap adanya KTKLN yang sudah banyak dijadikan lahan pemerasan baru oleh para oknum.

6) Memperketat perizinan pendirian Lembaga Pendidikan Tinggi baru di Indonesia demi menjaga mutu pendidikan.

7) Perlunya di dirikan sekolah Indonesia di Brunei demi menamkan rasa cinta tanah air, mengingat banyaknya jumlah masyarakat indonesia di Brunei yang mencapao 40 Ribu Jiwa.

8) Mempermudah birokrasi administrative seperti legalisasi ijazah di KEMENDIKNAS dan lain-lain.

9) Mengupayakan agar ada jalur penerbangan dengan rute : Brunei –Pontianak- Bandung dengan Maskapai penerbangan Indonesia seperti Garuda, Lion dan lain-lain.

10) Perlu adanya Atase Pendidikan di KBRI Bandar Seri Begawan

11) Perlunya meningkatkan skill bahasa inggris sejak dini dengan memasukan pelajaran bahasa inggris mulai dari sekolah level terendah seperti PAUD.


Pada Kesempatan trsebut DR Surahman, MA  lebih banyak mendengar dan meminta agar setiap permasalahan sekecil apapun perlu untuk dikomunikasikan karena hal itu demi kemajuan bangsa. Beliaupun berjanji insya Allah akan menyampaikan masukan-masukan diatas pada institusi-institusi terkait.Acara diakhiri dengan makan dan fhoto bersama dengan menu ayam penyet. Selanjutnya pesertapun bubar dengan hati yang ploong dan berharap akan adanya perbaikan dimasa yang akan datang. (piyungan.org)

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar, saran dan masukan Anda. Silakan masukkan nama Anda pada kolom Name/URL.

Media Center DPD PKS Denpasar

Media Center | PKS Denpasar
Media ini dibuat oleh Kesekretariatan DPD Denpasar Bidang Media dan Publikasi.
Alamat:
Jl. Tukad Yeh Ho III No. 1 Denpasar - Bali
Pimpred :
Lailatul Widayati
Reporter:
Wiwid, Hilmun, Alim Mahdi, Aang, Rosyid, Jojo, Arif, Fahmi, Vera, Lubis, Winardi
Website:
www.pks-denpasar.org
SMS Center:
+6285936161725
Email:
alimmahdi@yahoo.com

pks@Blogger template

www.pks-denpasar.org