"PKS | Menjadi Partai Dakwah yang Kokoh dan Transformatif Untuk Melayani Bangsa"

Indahnya Kebersamaan Dalam Tebar Daging Qurban 1432 H Bersama DPC PKS Denpasar Utara

Tuesday, November 8, 2011

Ritual ibadah qurban merupakan momen untuk mengenang kembali perjuangan monoteistik yang dilakukan oleh nabi Ibrahim A.S . Yaitu seorang nabi sholeh yang dikenal sebagai Bapak Tauhid.


Dalam konteks ketauhidan, ibadah qurban yang dilakukan oleh nabi Ibrahim dengan mengorbankan anak yang dicintainya mengajarkan kepada manusia sikap bertauhid yang sesungguhnya. Nabi Ibrahim mampu membebaskan dirinya dari penghambaan kepada materi (dalam hal ini anak yang dicintainya) menuju penghambaan kepada Allah semata.

Melalui ibadah qurban ini nabi Ibrahim memperlihatkan keimanan, ketundukan dan ketaatannya hanya kepada Allah. Nabi Ibrahim juga telah berhasil melepaskan diri dari kelengketannya kepada dunia, baik jasadnya, jiwanya, hatinya, maupun ruhnya, karena kelengketan kepada dunia akan menjadi penghalang seseorang untuk melakukan pengorbanan, ketaatan maupun kepatuhan dalam menjalankan perintah Allah.

Sejalan dengan makna ubudiyah diatas maka pada 6 November 2011 bersamaan 10 Zulhijjah 1432, seluruh umat Islam menyambut Hari Raya Aidil Adha. Dilingkungan DPC PKS Denpasar Utara seluruh kader dan segenap komponen tarbiyah ikut aktif dalam acara pemotongan dan penyaluran daging kurban. Sedikitnya terdapat 30 pequrban yang ikut menyalurkan hewan qurban mereka dan turut ambil bagian dalam syiar dakwah di Denpasar Utara. Pada tahun 1432 Hijriyah ini kami mendapat amanah 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Acara pemotongan hewan qurban di lingkungan DPC PKS Denpasar Utara senantiasa ikut bergabung dan membaur dengan masyarakat disekitarnya. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat potensi dakwah amah yang harus selalu dilakukan sebagai sebuah ibadah dalam menyemarakkan dakwah di tengah masyarakat. Sebanyak 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing dipotong di Mushollah Al Hidayah Gatsu 6, 2 ekor sapi di Musholla Al Muhajirin Bung Tomo, 1 ekor sapi di lingkungan NU Kusuma Bangsa dan 1 ekor kambing di musholla Blambangan.

Penyaluran daging qurban meliputi daerah di wilayah Denpasar Utara. Mulai dari kader dan keluarganya, tetangga kader termasuk kalangan non muslim, para saksi pemilu dan tokoh masyarakat, Berlanjut ke Desa Ubung, lingkungan Klapa Muda dan Made Bina, berlanjut ke Ambengan dan cengkilung, daerah peguyangan, Tonja, jalan nangka, jalan A Yani dan kampung jawa, masyarakat di sekitar musholla Al Hidayah, Al Muhajirin dan Blambangan, daerah Buluh Indah dan sekitarnya, Bedahulu, komunitas NU Kusuma Bangsa, daerah TPQ Qurrata Ayun, jalan Tunggul Ametung dan lingkungan disekitarnya.
Kesolidan dan kerja sama nampak terlihat saat acara pemotongan hewan qurban berlangsung. Ada yang kebagian tugas memegang hewan qurban, menjadi eksekutor pemotongan hewan qurban, menguliti dan memotong-motong menjadi bagian lebih kecil, juga memasukkan daging ke kresek yang siap disalurkan ke mustahiq. Semua berlangsung dengan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti. Acara seharian penuh ini berlangsung dalam suasana penuh kesolidan dan kerja sama. Sekitar pukul 20.00 wita barulah para kader bisa sedikit melepas lelah dan bisa kembali kerumah setelah seharian penuh berkhidmat kepada umat untuk penyaluran daging qurban.

Acara ini tidak akan terlaksana tanpa pertolongan dan rahmat dari Allah SWT. Untuk semua kader Denut yang telah berpartisipasi aktif dalam acara ini disampaikan jazakumullah khairon katsir semoga Allah menerima kebaikan antum semua dan diberi limpahan pahala dan kebaikan berlipat ganda oleh Allah SWT. Amiin Ya Robbal Alamiin. (aan)


Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar, saran dan masukan Anda. Silakan masukkan nama Anda pada kolom Name/URL.

Media Center DPD PKS Denpasar

Media Center | PKS Denpasar
Media ini dibuat oleh Kesekretariatan DPD Denpasar Bidang Media dan Publikasi.
Alamat:
Jl. Tukad Yeh Ho III No. 1 Denpasar - Bali
Pimpred :
Lailatul Widayati
Reporter:
Wiwid, Hilmun, Alim Mahdi, Aang, Rosyid, Jojo, Arif, Fahmi, Vera, Lubis, Winardi
Website:
www.pks-denpasar.org
SMS Center:
+6285936161725
Email:
alimmahdi@yahoo.com

pks@Blogger template

www.pks-denpasar.org