"PKS | Menjadi Partai Dakwah yang Kokoh dan Transformatif Untuk Melayani Bangsa"

Semangat Ramadhan di Mushola ar-Rochim, Mahabarata

Monday, August 15, 2011


Tidak dikira, di kawasan permukiman yang sangat padat, dekat Pasar Tradisional Suwung, Sidakarya, terdapat sebuah mushola yang relatif kecil di tengah-tengah permukiman tersebut, namun hingga malam ke-15 Ramadhan 1432 H ini masih penuh sesak oleh jamaah yang melaksanakan ibadah sholat tarawih dan tadarus al-Quran. Ibu-ibu, bapak-bapak, remaja dan anak-anak berdesakan memenuhi mushola berukuran kurang lebih 7 x 7 meter persegi berdinding batu-bata dengan kusen yang sederhana dengan penuh semangat.

Suara bilal yang membacakan sholawat untuk Nabi dan Khulafaur Rosyidin, mereka sambut dengan suara lantang hingga meriuhkan suasana mushola sampai di Gang Mahabarata yang juga dipakai untuk sholat. Tak terasa, dua puluh tiga rokaat sholat tarawih mereka selesaikan pada pukul 20.20 wita. Setelah tarawih, sebagian jamaah langsung bertadarus al-Qur’an, sebagian yang lain pulang ke rumah masing-masing untuk makan malam. Setelah selesai, mereka akan segera menyusul jamaah lain bertadarus hingga pukul 01 atau 02 dini hari. Saat ini mereka sudah mengkhatamkan al-Qur’an 2 kali untuk mencapai target 5 kali khatam di akhir Ramadhan.

Ketika ditanyakan kepada salah seorang tokoh mushola, Bp. Imam, apa resep yang menjadikan suasana malam Ramadhan hingga hari ke-15 ini masih tetap semangat? Beliau menjelaskan bahwa dukungan pengurus mushola sangat penting. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah adanya pemberian doorprize berupa aneka kebutuhan jamaah seperti mukena dan sarung yang diberikan selepas sholat tarawih. Sementara itu untuk memberikan semangat jamaah dalam bertadarus, pengurus menyediakan aneka makanan ringan dan minuman penggugah semangat. Saat Tim Safari PKS Denpasar Selatan bersilaturahim, dihidangkan sajian kue agar-agar coklat, klepon, bakwan, martabak telor, terangbulan dan tak ketinggalan kopi. Tentu ini membuat para jamaah merasa tambah semangat dalam bertadarus.

Dalam obrolan dengan para jamaah, terungkap bahwa program pemerintah berupa Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) belum tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Masih ada yang belum tahu tentang fasilitas ini yang diberikan Pemerintah Daerah. Ada sebagian yang sudah tahu tapi terkendala dalam pengurusannya. Salah seorang jamaah, H. Juwadi, mengungkapkan alangkah baiknya jika PKS dapat memfasilitasi kepemilikan kartu JKBM tersebut bagi masyarakat. (PKS…hayo tunjukkan kiprahmu untuk rakyat!) /*sent by PKS Densel*/

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar, saran dan masukan Anda. Silakan masukkan nama Anda pada kolom Name/URL.

Media Center DPD PKS Denpasar

Media Center | PKS Denpasar
Media ini dibuat oleh Kesekretariatan DPD Denpasar Bidang Media dan Publikasi.
Alamat:
Jl. Tukad Yeh Ho III No. 1 Denpasar - Bali
Pimpred :
Lailatul Widayati
Reporter:
Wiwid, Hilmun, Alim Mahdi, Aang, Rosyid, Jojo, Arif, Fahmi, Vera, Lubis, Winardi
Website:
www.pks-denpasar.org
SMS Center:
+6285936161725
Email:
alimmahdi@yahoo.com

pks@Blogger template

www.pks-denpasar.org