"PKS | Menjadi Partai Dakwah yang Kokoh dan Transformatif Untuk Melayani Bangsa"

Taskif Kader Pemula Denpasar

Sunday, May 8, 2011

Pagi itu, 8 Mei 2011, Denpasar baru usai diguyur hujan. Jalanan masih basah dan langit masih sedikit mendung namun tidak mematahkan semangat para kader untuk menghadiri acara pagi itu. Pukul 09.00 panitia sudah standby di GOR Al-Banna untuk menyambut peserta. Satu per satu kader dari segala penjuru Denpasar datang memenuhi karpet yang terbentang. Atas izin Allah agenda tatsqif anggota pemula Denpasar pun berlangsung.

Agenda yang sudah dua kali dilaksanakan ini dibuka oleh Kepala Bidang Kaderisasi DPD Denpasar, Fahmi Fadillah. Tatsqif merupakan sarana menambah wawasan selain liqo’ pekanan dan juga sebagai ajang silaturrahim antarkader. Tatsqif yang bertepatan dengan hari Ahad itu diperuntukkan kader pemula ikhwan dan akhwat.

Kali ini tema tatsqif yang diangkat adalah Hikmah Diutusnya Para Rasul. Untuk mengawali materi, Pion Setiono selaku pemateri, memberikan sebuah game terkait tema tatsqif. Kata Berantai adalah game yang pas untuk menggambarkan materi tersebut. Peserta pun antusias mengikuti game tersebut. Setelah permainan usai, doorprize dan ibroh disampaikan. “Ibroh yang bisa kita ambil dari permainan Kata Berantai adalah risalah itu harus diteruskan kepada yang lain agar tidak putus pada satu masa” ujar pemateri.

Pemateri menyampaikan apresiasi kepada peserta yang hadir pada hari itu. Pada hari libur yang seharusnya bisa digunakan untuk beristirahat namun peserta bersemangat menghadiri majelis ilmu. Selanjutnya Pion menyampaikan inti materi, yaitu hikmah diutusnya para Rasul alaihissalam. Untuk mengenalkan kepada manusia tentang Allah swt dan tujuan penciptaan mereka, yakni beribadah hanya kepada Allah semata. Untuk menyampaikan hikmah (tujuan) dari suatu penciptaan. Menyelamatkan manusia dari perselisihan tentang prinsip hidup mereka.

Hikmah yang lain adalah untuk iqamatuddin (menegakkan Islam) dan melarang berpecah belah di dalamnya, agar manusia berhukum dengan hukum yang diturunkan Allah swt. Memberi kabar gembira bagi orang-orang beriman dan memberi peringatan kepada orang-orang kafir. Dengan demikian telah terjadi iqamatul hujjah (menegakkan argumentasi sehingga tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak tahu kebenaran). Hikmah selanjutnya adalah untuk memberi keteladanan yang baik bagi manusia.

Menjelang akhir acara, dibuka sesi diskusi. Peserta pun semangat untuk bertanya, berusaha menggali lebih dalam materi yang belum tersampaikan. Membuka pintu cakrawala lebih lebar lagi sehingga membantu peserta lain untuk mendapat tambahan tsaqofah. (am)

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar, saran dan masukan Anda. Silakan masukkan nama Anda pada kolom Name/URL.

Media Center DPD PKS Denpasar

Media Center | PKS Denpasar
Media ini dibuat oleh Kesekretariatan DPD Denpasar Bidang Media dan Publikasi.
Alamat:
Jl. Tukad Yeh Ho III No. 1 Denpasar - Bali
Pimpred :
Lailatul Widayati
Reporter:
Wiwid, Hilmun, Alim Mahdi, Aang, Rosyid, Jojo, Arif, Fahmi, Vera, Lubis, Winardi
Website:
www.pks-denpasar.org
SMS Center:
+6285936161725
Email:
alimmahdi@yahoo.com

pks@Blogger template

www.pks-denpasar.org