"PKS | Menjadi Partai Dakwah yang Kokoh dan Transformatif Untuk Melayani Bangsa"

Rihlah Akbar 2011

Tuesday, March 29, 2011

Kegiatan terbesar yang dilakukan oleh komunitas tarbiyah Denpasar pada awal tahun 2011 ini adalah Rihlah Akbar yang diikuti oleh sekitar 1364 peserta terdiri dari laki-laki dan perempuan, anak-anak, tua dan muda. Kegiatan ini tepatnya dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Maret 2011 bertempat di Kebun Raya Bedugul. Persiapan untuk menyelenggarakan acara sebesar ini dilakukan sejak dua bulan yang lalu. Panitia bekerja keras mempersiapkan semuanya hingga akhirnya acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Seluruh peserta berangkat ke lokasi acara menggunakan bus sebanyak 34, peserta dari Denpasar Barat dan Denpasar Utara berkumpul di Lapangan Buyung Jalan Mahendradatta dengan 11 armada bus dan peserta dari Denpasar Timur dan Denpasar Selatan berkumpul di GOR Albanna dengan 23 armada bus. Peserta sudah berkumpul di masing-masing tempat yang sudah ditentukan sejak pukul 7 pagi dan hampir semua bus dari lapangan Buyung maupun dari GOR Albanna berangkat tepat jam 8 wita.

Rombongan komunitas tarbiyah Denpasar tiba di Kebun Raya Bedugul pukul 9.30 wita lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan oleh Sie Acara. Sampai di lokasi acara peserta disambut dengan berbagai hiburan yang sangat menarik. Acara tepat dimulai 9.45 dengan kolaborasi MC profesional terdiri dari Bang Lubis, Bang Wandi, dan Mas Candra. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibawakan oleh Azzam Jundi Robbani dengan melantunkan surat Ad-Dhuha.

Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia Komunitas Tarbiyah Denpasar bapak H. Rosyid Ridho. Beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan ajang silaturahim untuk seluruh peserta rihlah ini, mempererat tali ikatan persaudaraan diantara semuanya. Di sela-sela acara yang sangat meriah di panggung di pinggir lapangan juga berlangsung permainan yang tidak kalah meriahnya yang diikuti oleh anak-anak, ibu-ibu dan juga bapak-bapak. mereka tidak mau ketinggalan. Acara ini dimeriahkan oleh berbagai macam penampilan, mulai dari hafalan Ayat-ayat Alquran dari siswi Albanna, Rebana, Nasyid BMV, M-Kos, Teater dari Denpasar Utara, MK-seven, dan masih banyak lagi yang ikut memeriahkan Rihlah Akbar ini.

Uniknya acara ini para peserta diharapkan berkumpul dengan komunitas tarbiyah suaminya dan mereka membawa makanan yang disiapkan sendiri sehingga keakraban muncul pada saat makan siang bersama, kehangatan terjalin, komunikasi, dan keakraban semakin terlihat karena sebelumnya mereka tidak mengenal satu sama lain akhirnya setelah acara rihlah akbar ini semakin mengenal saudaranya. Memasuki dhuhur mereka sholat berjamaah dipimpin oleh masing-masing penanggung jawab di kelompoknya.

Di tengah-tengah makan siang kami tim Media melakukan wawancara dengan ketua panitia. Beliau menyampaikan bahwa acara ini berjalan dengan lancar, terget 90 % berhasil. Beliau berharap bahwa tarbiyah ini mempunyai fungsi agar seluruh umat Islam dapat merasakan nikmatnya bersama tarbiyah. “Tarbiyah bukan segala-galanya tapi segala-galanya membutuhkan tarbiyah”, begitu penegasan dari ustad H. Rosyid Ridho.
Acara yang banjir doorprize ini tidak hanya diikuti oleh orang-orang yang sudah tarbiyah saja melainkan orang-orang yang belum tarbiyah juga senang mengikuti acara ini, sebut saja mas Ade Agus, dia mengaku datang ke acara ini diajak oleh temannya. “acara ini sangat bagus, menyenangkan, dan sarana untuk menyambung silaturahim”, begitu ungkap pria yang tinggal di Kampung Jawa ini.

Begitu juga ungkap seorang wanita yang tinggal di Sidakarya yang bernama ibu Endang ini, beliau sangat senang dan berharap bisa ikut tarbiyah setelah acara ini.

Sebelum acara diakhiri ada pembagian hadiah yang akan diberikan kepada masing-masing pemenang permainan. Ada Libero juara I lomba lewat bambu, Imaki juara I lari bakiyak, Group 19 juara I lomba tarik tambang, Genesis yang tidak kalah serunya, dan masih banyak penerima hadiah lainnya.

Acara ditutup MC tepat jam 15.00 wita dan peserta kembali ke Denpasar dengan menggunakan bus seperti awal keberangkatan. Acara sukses tanpa hujan namun beberapa menit setelah peserta masuk ke Bus turunlah hujan yang cukup lebat. Subhanalloh...sungguh Alloh swt begitu baik. (wwd)

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar, saran dan masukan Anda. Silakan masukkan nama Anda pada kolom Name/URL.

Media Center DPD PKS Denpasar

Media Center | PKS Denpasar
Media ini dibuat oleh Kesekretariatan DPD Denpasar Bidang Media dan Publikasi.
Alamat:
Jl. Tukad Yeh Ho III No. 1 Denpasar - Bali
Pimpred :
Lailatul Widayati
Reporter:
Wiwid, Hilmun, Alim Mahdi, Aang, Rosyid, Jojo, Arif, Fahmi, Vera, Lubis, Winardi
Website:
www.pks-denpasar.org
SMS Center:
+6285936161725
Email:
alimmahdi@yahoo.com

pks@Blogger template

www.pks-denpasar.org