"PKS | Menjadi Partai Dakwah yang Kokoh dan Transformatif Untuk Melayani Bangsa"

Remaja Tailor Mas Yanto

Monday, February 21, 2011

Pria kelahiran Lumajang ini merupakan sosok yang ramah dan mudah bergaul dengan siapapun. Murah senyum dan semangat dalam bekerja adalah kesan yang pertama saya tangkap ketika mengunjungi tempat usaha beliau di Jl Letda Ngurah Putra No. 4 Denpasar Timur ini. Sosok lelaki dengan nama lengkap Muhammad Adiyanto atau lebih dikenal dengan panggilan Mas Yanto ini hijrah dari kampung halaman di Lumajang Jawa Timur ke Pulau Bali pada tahun 1994. Bapak dengan dua orang anak yang lahir pada tanggal 5 Maret 1979 ini memiliki usaha jasa Jahit Baju dengan nama Remaja Tailor.

Usaha ini sudah dirintisnya sejak tahun 2001. Sosok Mas Yanto adalah sosok penjahit yang jujur dan apa adanya, kata-kata yang diucapkannya tak pernah ditambahi embel-embel untuk menarik simpati orang. Usaha jasa Jahit baju yang dilakoninya memang penuh lika-liku dan perjuangan, bisa dibilang beliau termasuk setia dengan bisnis ini, hampir 10 tahun telah digelutinya.

Jahitan Mas Yanto menurut saya sangat rapih dan tak kalah dengan jahitan lainnya, saya sendiri telah melihat hasil usahanya yang kini mulai tumbuh perlahan namun pasti, namun seperti sebuah kisah dalam sinetron ketika seseorang sedang mencari rezeki dengan jalan yang benar (halal) selalu Allah memberikan cobaan sebagai rintangan dalam sebuah kesabaran.
Kesibukan sebagai pengusaha yang buka usaha jasa jahit baju akan terasa saat mengalami banjir orderan yaitu apabila menjelang Hari Raya Idil Fitri juga Galungan atau saat kenaikan sekolah. Bayangkan mereka terpaksa menyiapkan beratus-ratus pasang pakaian yang ditempah supaya pelanggan dapat bergaya di pagi hari tiap tanggal 1 Syawal.

Ketika ditanya suka duka sebagai tukang jahit, Mas Yanto mengaku kuncinya kejujuran dan berusaha selalu mengerjakan sebaik-baiknya karena persaingan semakin ketat. "Boleh dibilang sekarang ini jarang ada order seragam dalam jumlah besar, tapi lebih banyak order secara perorangan" jelasnya. Sedangkan motonya agar tetap bisa dipercaya langganan. "Ya, tepat waktu dan menjaga service, sehingga akan muncul kepercayaan" ujarnya.

Saat ini Mas Yanto mempunyai tujuh karyawan yang melayani segala permintaan menjahit, yakni mulai dari membuat jas, pakaian harian hingga pakaian perkantoran, seragam perempuan atau kebaya. Pekerjaan sebagai penjahit diakuinya masih agak beruntung, karena bisa kenal dengan pejabat dan pengusaha salah satunya saat membuat baju dan harus mengukur pejabat yang bersangkutan.

Tidak lupa disela-sela kesibukannya Mas Yanto juga tetap aktif menghadiri pengajian tarbiyah yang telah diikutinya sejak tahun 2004, pengajian mingguan ini selalu bergiliran tempatnya untuk bisa saling silaturrahim diantara sesama teman pengajian. Begitu sangat penting dan bermanfaat tarbiyah ini ditengah hiruk pikuknya kota Denpasar yang tak pernah lelah membelenggu kita dalam rutinitas harian dalam pencarian nafkah di dunia ini.
Teringat akan pesan dari Rasulullah SAW dalam hal mencari rejeki dan pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari, Beliau SAW bersabda “Bekerjalah seolah-olah kamu akan hidup didunia ini selamanya-lamanya dan beribadahlah kamu seolah-olah kamu akan mati besok”

Rasulullah SAW, dengan haditsnya itu sangat memotivasi kita sebagai pengikutnya untuk memiliki semangat dan dedikasi tinggi dalam bekerja. Motivasi ini bisa di praktekan oleh siapapun dan apapun agamanya. Jadi bukan hanya untuk seorang muslim. Namun jangan lupa setelah kita sukses maka harus ingat bahwa kita harus jadi orang kaya yang bersyukur. Sehingga kekayaan kita benar-benar membawa kebahagiaan dunia dan akhirat. (aan)

Related Post



1 comments:

Anonymous February 21, 2011 at 1:01 PM  

keramahan pemilik tailor ini yang membuat pelanggannya tambah banyak, Subhanalloh semoga bermanfaat untuk umat

Post a Comment

Terimakasih atas komentar, saran dan masukan Anda. Silakan masukkan nama Anda pada kolom Name/URL.

Media Center DPD PKS Denpasar

Media Center | PKS Denpasar
Media ini dibuat oleh Kesekretariatan DPD Denpasar Bidang Media dan Publikasi.
Alamat:
Jl. Tukad Yeh Ho III No. 1 Denpasar - Bali
Pimpred :
Lailatul Widayati
Reporter:
Wiwid, Hilmun, Alim Mahdi, Aang, Rosyid, Jojo, Arif, Fahmi, Vera, Lubis, Winardi
Website:
www.pks-denpasar.org
SMS Center:
+6285936161725
Email:
alimmahdi@yahoo.com

pks@Blogger template

www.pks-denpasar.org