"PKS | Menjadi Partai Dakwah yang Kokoh dan Transformatif Untuk Melayani Bangsa"

Heryawan Luncurkan "Jabar Cyber Provinces"

Saturday, January 1, 2011

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terus mendorong perbaikan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dengan menyelenggarakan manajemen pemerintahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lembaga yang dipimpinnya. Saat ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebanyak 56 unit lingkup Pemprov Jabar sudah terhubung dengan layanan internet.

Demikian juga dengan anggaran terkait pembangunan TIK, meningkat cukup signifikan. Jika tahun 2009 hanya Rp. 3,3 miliar, menjadi Rp. 7,6 miliar di tahun 2010. Dan tahun 2011 menjadi 13,2 miliar. Diharapkan dengan penerapan TIK secara menyeluruh, kualitas dan kecepatan pelayanan kepada publik semakin memadai dan prima.

“Kita terus mengupayakan perbaikan kinerja birokrasi demi meingkatnya pelayanan kepada public. Dan sangat menyadari bahwa salah satu pilar Reformasi Birokrasi adalah Perwujudan Good Governance dan clean government maka pencapaiannya dilakukan melalui implementasi e-government. Kaitan dengan ini, peran Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat besar. TIK mendukung percepatan peningkatan layanan publik dan penyelenggaraan Manajemen Pemerintahan Daerah,” tegas Heryawan. saat Peluncuran JCP di Gedung Baros Information Technology and Creative (BITC), Kota Cimahi Jawa Barat, Senin (27/12).

Lebih lanjut Heryawan menegaskan komitmen untuk mewujudkan “Jabar Cyber Provinces” atau JCP di tahun 2012 merupakan keharusan. Hal itu merupakan wujud keberpihakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada upaya mengurangi Kesenjangan Digital secara Konsisten dan berkelanjutan. Selain itu, JCP mendukung terwujudnya Masyarakat Informasi Indonesia, pada level Provinsi Jawa Barat. Diharapkan dengan JCP, mengurangi masyarakat buta TIK menuju Masyarakat Informasi Jawa Barat. “Selain meningkatkan pelayanan, JCP mendorong pembangunan masyarakat Jawa Barat yang melek informasi,” tegasnya

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Dudi Sudradjat Abdulrachim, keterhubungan sambungan internet dengan Kabupaten/Kota, yang semula pada tahun 2008 belum terhubung, kini di tahun 2010 telah mencakup 8 Kabupaten/kota. Khusus Pembangunan Wide Area Network (WAN) Kecamatan dalam konsep inkubator e-government sejak tahun 2008 telah diupayakan terhubung dengan penempatan unit komputer di kantor Kecamatan. Jika pada tahun 2008 baru 26 Kecamatan di 26 Kabupaten/Kota, kini meningkat menjadi 156 Kecamatan di 26 Kabupaten/Kota seluruh Jawa Barat.

Dalam kerangka implementasi JCP, sejak dicanangkan Tahun 2008 hingga kini sudah dilaksanakan berbagai hal berkaitan dengan 5 fokus perhatian di atas. Pada pembanguan infrastruktur jaringan TIK, bila tahun 2008 baru jaringan intranet yang semula tahun 2008 hanya 10 Mbps meningkat pesat di tahun 2010 menjadi 20 Mbps. Kemudian, 2 Mbps Bandwidth Internet kini di tahun 2010 telah meningkat menjadi 20 Mbps.

Secara umum akses internet ke Kecamatan dengan Kabupaten/Kota sudah terhubung melalui anggaran APBD Kabupaten/Kota maupun anggaran Tugas Pembantuan APBN terkait Jaringan Data Kependudukan (SIAK). Pendeknya, dari 620 Kecamatan yang ada di Provinsi Jawa Barat hampir seluruhnya terhubung dengan jaringan internet. (**/Lesmana)

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar, saran dan masukan Anda. Silakan masukkan nama Anda pada kolom Name/URL.

Media Center DPD PKS Denpasar

Media Center | PKS Denpasar
Media ini dibuat oleh Kesekretariatan DPD Denpasar Bidang Media dan Publikasi.
Alamat:
Jl. Tukad Yeh Ho III No. 1 Denpasar - Bali
Pimpred :
Lailatul Widayati
Reporter:
Wiwid, Hilmun, Alim Mahdi, Aang, Rosyid, Jojo, Arif, Fahmi, Vera, Lubis, Winardi
Website:
www.pks-denpasar.org
SMS Center:
+6285936161725
Email:
alimmahdi@yahoo.com

pks@Blogger template

www.pks-denpasar.org